Selasa, 20 Oktober 2009

me n my mom


         mom n me 
      



 Mother ... 

sapa sih yg ga knal dngan Mother or mom or ibu, bunda, mami, mama...
pasti semua nya kenal ....


apakah km tahu apa sajah pengorbanan nya yang pernah dia lakukan untuk kita ? 

apakah km tahu apa berapa banyak uang yang telah dia kluarkan demi kita ?

apakah kamu tahu se sabar apakah beliau mengajari kita ??


mengajari kita mulai dari cara
merangkak, berjalan, berbicara, 
hingga mengajarkan kita menulis, bernyanyi, menggambar, berhitung, 
sampai akhirnya belajar untuk menjadi seorang anak yang mempunyai :
santun, etika yang baik, 
juga mengajarkan kita bagaimana menjadi orang yang berguna bagi masyarakat ....







pernah kah kita merenungkan itu semua ???
pernakah kita berfikir akan hal itu ???



jika anda prnah memikirkan hal itu, 
apakah anda tahu apa yang harus anda lakukan untuk membalas semua budi yang telah beliau berikan pada kita hingga sekarang ?? 

jika anda belum memikirkan itu, 
cobalah anda renungkan ... 


ada suatu cerita, ini saya dapat dari buku bahasa mandarin yg saya pelajari ketika saya SMA 2 ..


suatu hari ibu sedang menyiapkan makan malam,
dan meminta anak nya untuk membantu mengambil piring dan sendok
kemudian setelah selsai makan, memintanya untuk mencuci piring





di atas meja makan terdapat selembar kertas berisikan tulisan 


membantu ibu                        bayaran 

mencuci piring                       5.000
mengambil piring dan sendok          5.000 
membuang sampah                      2.000
menjaga adik                         7.000 
membersihkan lantai                  4.000   
total                      :        23.000



sang ibu pun tersenyum manis dan kemudian menulis 

melahirkan                           FREE
mengganti popok                      FREE
susu                                 FREE
mainan                               FREE 
makanan                              FREE
sekolah                              FREE
uang jajan                           FREE
Total                                FREE



setelah melihat perincian di atas 
betapa mulia nya seorang ibu ??

walaupun anak nya meminta imbalan kepada ibu nya, 
namun beliau tidak lha marah ..
melainkan tersenyum dan tidak menagih 1 sen pun dari kita akan semua pengeluran nya yang telah ia kelurkan untuk kita ...



inti dalam cerita yg bisa saia dapet adalah 

1. HORMATILAH IBU MU 

karena ketika ia akan melahirkan kita, 
pertaruhan antara HIDUP dan MATI
( nyawa ibu kita lha yang menjadi taruhannya )
hanya demi kita selamat ibu kita bisa meninggalkan kita untuk selama nya...
bagi kita yang masih memiliki Ibu, ingatlah untuk bertrima kasih kpadanya.
karena beliau kita ada di dunia ini ...
bagi yg sudah di tinggal oleh ibu ( saya turut sedih ) tp ingat kita masih memiliki ayah kita yang juga sama seperti ibu kita ..

2. JANGAN LHA PERNAH MEMBOHONGI NYA 

ingat lha apapun yang pernah kita lakukann jangan pernah kita membohonginya ...
karena ibu kita akan merasa sangath teraskiti jika kita membohonginya ...
( ini saya ambil dari pengalaman saya )
tp, saya rasa semua  ibu tak ada yg ingin d bohongi oleh anak nya sendri ..

kata mami untuk saya :

"lebih baik kamu terus terang daripada nnti nya kamu ktahuan berbohong ..
kalau kamu terus terang mami hanya akan ngomel sbntar sajah ..
tp, kalau kamu bohong mami sudah terlanjur kecewa sama kamu ..."

itu kata2 yang selalu mami ucapin ke saya dan adik saya 
dan saya selalu menerapkan itu ..
setiap hari apa yang di lakukan d kampus, 
atau saya gy d mall, bersama dengan teman2 saya,
saya akan cerita ...
^^
hingga tidak ada yang kami sembunyikan satu sama lain.. 

3. JANGAN LAH MELAWAN ORANG TUAMU 

ok, ini lha yang paling sring kita lakukan bukan ??

ketika tidak d beri izin untuk pergi dengan teman kita ..
tidak ada izin untuk membeli barang ini ...
ga dapet izin bawa mobil ke kampus, 
ga ada izin pergy kluar kota ...

itu hal2 yg sring kita lakukan ...
betapa sebelnya kita dengan ibu kita ...

kita akan berpikiran, saya sudah besar, sudah dewasa, knapa saya msih di larang2 ???
betul bkan ??


dari pengalaman yang pernah saya alami 
namanya sajah anak baru gede ( ABG ) 
ketika saya masih 12 tahun sekitar SMP 1
saya maw melewatkan v'day bersama dengan teman2 saya ..
nah pada saat itu juga saya minta izin kepada mami saya ..

saya : mamii aq maw pergi sama teman2 ke MM , mega mall pluit, 
sekarang menjadi pluit Village ( PV ) )
mami : maw ngapain ??
saya : maw jalan2 makan2 lah ... boleh ga ??
lgan kh  hari ini valentine dae ...
mami : ga boleh ... ngapain sih pergi2 ... mendingan d rumah sajah ...
saya : ayoo lha mami, khn cman 1 tahun 1 x duanx ...
mami : TERSERAH KAMU AJAH D !!!!! ( mami pun marah ) 

akhrnya saya pun tetap nekad untuk pergi ...
sampai akhrnya, ketika perjalanan pulang dari mall 
sdompet saya hilang, dan 
uang yang ada sebesar 250.000 ( wktu thun 2000 ) ikut hilang begitu sajah

pas pulang dari rumah saya langsung panik..
di dalam mobil teman saya, saya cman menangis dan bingung ...
saya takut mami saya marah, saya takut mami pukul saya ...
ketika saya sampai di rumah 
saya menceritakannya semua, 
dan anda semua tahu apa yang di lakukan mami ??

ia hanya memeluk erat tubuh saya yang sudah lemas,
dan menasihatiku ..
mami ga marah sama saya ...
lihat lha betapa sayang nya kepada saya ...

semenjak kejadian itu saya ga prnah lagy menentang apa perkataan mami saya.
karena ternyata sebelumnya mami dah ada feeling yang ga enak d hatinya ..
hingga akhrnya saya d larang untuk pergy ... 

dan setelah 3 hari kemudian ada seseorang yang mengirimkan post dan serisi kartu pelajar saya, dan ada perangko nya lagy ...
wkkwwkkw


itu lah sedikit yang bisa saya tulis untuk hari ini ...
soalny cape uiy ..
ada klnjutan nya nih ...
semoga ajah ga bosan ia baca nya  ...
berhubung saya kurang mengertii akan memasukan fotonya ..
jadi blom bisa ramai dha ...

^^

2 comments:

and2ny mengatakan...

kren!!! ahahaha

emang nyokap itu adalah hadiah terbesar dari tuhan buat kita!! hahaha

Emilia mengatakan...

yuph ...
betul itu ...

^^

Posting Komentar